back to the blog

Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Baru Kantor Bersama Samsat Gresik Dipublikasikan pada: . Kategori: Berita.

Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Baru Kantor Bersama  Samsat Gresik

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan gedung Kantor Bersama Samsat Gresik sebagai UPT Bapenda Jatim , yang berlokasi di Jalan Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik, Senin (17/10/2022). 

Dengan diresmikan  gedung  baru kantor bersama  oleh Gubernur Khofifah ini, Insya Allah  KB Samsat Gresik bakal resmi beroperasi pada awal bulan November 2022 mendatang. 

“ KB Samsat Gresik  yang diresmikan ini dilengkapi  dengan fasilitas gedung yang representatif untuk mendukung layanan prima Bapenda, semoga layanan pembayaran pajak masyarakat menjadi lebih optimal dan maksimal,” tegas Gubernur Khofifah.

Lebih lanjut disampaikan Gubernur Khofifah, Pemprov Jatim terus berupaya dalam mempercepat, memudahkan dan mendekatkan layanan pembayaran pajak kendaraan masyarakat. Format yang dikembangkan saat ini adalah dokumen berjalan yang membutuhkan waktu maksimal 3 menit selesei.

Pasalnya, seiring dengan perkembangan potensi wajib pajak yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, Gubernur Khofifah sengaja memindahkan keberadaan Samsat Gresik lama ke lahan eks UPT Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur sebagai Kantor Bersama Samsat yang baru.

Kantor Bersama Samsat Gresik yang baru ini memiliki luas kurang lebih 1,5 hektar. Jauh lebih luas dibanding kantor Samsat Gresik yang lama.

"Layanan per tanggal 1 November sudah mulai aktif beroperasi, mekanismenya adalah dokumen yang berjalan. Pembayar pajak hanya menyerahkan dokumen tinggal menunggu penyerahan. Yang berjalan dukumennya. Insya Allah tidak sampai tiga menit urusan selesei," kata Khofifah. 

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga mengatakan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor bukan hanya dilakukan dengan datang ke Samsat. Namun Pemprov Jatim telah memberikan fasilitas pembayaran online melalui banyak channel pembayaran. 

Seperti menggandeng marketplace, lewat Indomaret, Alfamart, KB Bukopin, PT Pos Indonesia, dan BUMDes. Juga bisa dilakukan lewat e-Samsat, Tokopedia, Samsat Digital Nasional (SIGNAL). Yang mana pembayarannya bisa pakai Link Aja juga Go-Pay.  

Dalam peresmian KB Samsat Gresik ini, Gubernur Khofifah juga menyerahkan bantuan bebas pajak kendaraan 100 persen bagi angkutan umum berbasis mikrolet dan juga driver ojek online di Kabupaten Gresik. 

Sebagaimana diketahui bahwa dalam rangka meringankan beban masyarakat usai kenaikan harga BBM, Gubernur Perempuan Pertama Jatim ini memberikan bantuan bebas pajak kendaraan 100 persen bagi driver mikrolet dan ojol.

“Alhamdulillah khusus untuk wilayah Kabupaten Gresik kebijakan bebas PKB 100 persen ini telah dimanfaatkan oleh 166 wajib pajak (24 Mikrolet dan 142 Ojek Online) dengan total pembebasan yang diberikan sebesar Rp 41.641.400,00,” tandasnya. 

Tidak hanya itu, saat meresmikan KB Samsat Gresik yang memiliki dua lantai ini, Gubernur Khofifah juga menyerahkan bantuan zakat produktif bagi para pelaku usaha mikro di Kabupaten Gresik. Mereka mendapatkan zakat produktif senilai Rp 500.000 sebagai tambahan modal usaha.

Pada para penerima zakat produktif, Gubernur Khofifah juga berpesan agar bantuan Pemprov Jatim tersebut bisa digunakan sebagai tambahan modal usaha. Agar mereka tidak sampai terjerat utang pada bank titil atau rentenir.

Selain itu Gubernur Khofifah juga turut meresmikan Masjid Miftahus Surur. Nama Miftahus Surur tersebut diketahui sengaja dipilih Gubernur Khofifah untuk masjid yang berlokasi di KB Samsat Gresik itu dengan arti Kunci Kebahagiaan. 

Di sisi lain Plt Kepala Bapenda Jatim Abimanyu Poncoatmojo mengatakan KB Samsat Gresik merupakan unit layanan pambayaran PKB dan BBNKB yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak.

“Alhamdulillah sampai dengan tanggal 15 Oktober 2022 realisasi penerimaan PKB dan BBNKB secara keseluruhan telah tercapai sebesar 97,58% dari target,” tegas Abimanyu. 

“Jika dibandingkan dengan penerimaan PKB dan BBNKB se Jawa Timur, maka UPT PPD Gresik (KB. Samsat) memberikan kontribusi sebesar 3,95%,” tambahnya. (*)

 

Kontak Kami
  • Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur
  • Jl. Manyar Kertoarjo No. 1 Surabaya 601166
  • Telp: (031) 5947953 Fax: (031) 5941165
Ikuti Kami